Cara Kerja Behel Gigi yang Mungkin Belum Kamu Tahu



cara kerja behel gigi


Untuk anda yang ingin memasang behel gigi, anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara kerjanya agar nanti setelah kawat anda dipasang anda tidak merasa panik dengan perubahannya. Berikut ini adalah penjelasannya.

Efek setelah pemakaian kawat gigi
Pada awal pemakaian kawat gigi, maka anda akan merasakan rasa nyeri dan luka di seluruh mulut anda. Hal ini merupakan hal yang sangat wajar, mulut anda akan terasa lebih lunak dan terasa sedikit bengkak. Namun anda tidak perlu khawatir karena masalah ini hanya akan berlangsung selama 1 hingga 2 minggu saja. Setelah ini rasa sakit tersebut tidak akan datang kembali.

Untuk anda yang tidak tahan dengan rasa sakit yang ditimbulkan dari pemasangan awal kawat gigi ini, anda bisa menggunakan tips berkumur yang kami berikan. Anda bisa berkumur dengan menggunakan garam sebanyak 1 sendok teh yang dicampur dengan air hangat sebanyak 1 gelas. Setelah itu berkumurlah seperti anda sedang berkumur dengan menggunakan mouthwash. Lakukan beberapa saat lalu buang air yang sudah anda gunakan berkumur.

Jika rasa sakit tidak kunjung hilang, maka anda juga bisa mengkonsumsi pereda rasa nyeri untuk menghilangkan rasa sakit yang tidak tertahankan. Jika ada luka di sekitar mulut anda yang disebabkan karena kawat, maka anda bisa juga mencoba menggunakan lilin yang diberikan oleh dokter gigi anda.


Proses perubahan posisi gigi
Setelah beberapa saat menggunakan behel gigi mungkin anda akan merasakan gigi anda mulai goyah. Tapi anda jangan panik. Gigi yang goyah merupakan salah satu tanda bahwa behel gigi anda sedang bekerja kawat gigi anda tidak akan dapat  memindahkan gigi ke posisi yang seharusnya jika kedudukan gigi tidak goyah terlebih dahulu. Tapi setelah posisi dari gigi tepat, maka gigi anda tidak akan lagi goyah.

Jika yang goyah adalah kawat atau juga anak kawat yang menempel di gigi anda, maka  segeralah mengunjungi dokter yang memasang behel gigi anda. Pastikan jika anak kawat yang goyah anda bisa mengambilnya dan menyimpannya untuk menghindari anak behel gigi tersebut tertelan.

 




1 komentar