Melihat Kemunafikan Orang Lain yang Buatku Greget

Disclaimer : saat menulis post ini, grafik emosi saya naik turun begitu drastis, harap maklum.


Di dalam kepercayaan Islam sejauh yg saya tahu, munafik adalah suatu kondisi dimana ketika berucap malah berdusta, ketika berjanji malah melanggar dan ketika dipercaya malah mengkhianati. Namun jika kita terlalu melihat definisi tersebut secara  tekstual, maka sepertinya kita cuma akan merujuk kepada 3 kondisi tersebut sehingga kita bisa mengidentifikasi seperti apa kondisi munafik itu.

Ya namanya juga manusia, engga mungkin suci bgt, kecuali itu orang terpilih. Disini Cuma mau ngasih opini aja sih, bukan pembenaran, bahwa menurut saya, selama orang itu bermuka dua, maka munafiklah dia. Di depan begitu tapi dibelakang begini.

Ada satu contoh perilaku seseorang (yang sebenernya perilaku sejenis ini pernah dialami oleh  saya sih) yang cukup bikin mengkerutkan dahi yang masih kencang dan mulus ini, dan tentunya bikin ngakak jg.
Sejauh yang saya amati, si doi sering update status2 ala ustadz, ya lo ngerti sendiri kan ya, siapa sih yg gak suka mengutip kalimat-kalimat motivasi entah itu kutipan dari idolanya, penggalan dari arti ayat suci, atau paling banter ya doi ngopy paste isi ceramah seorang pemuka agama. Namanya juga copas, ya ada udang dibalik kerikil dong ya? Antara dia bermaksud cuma nge share doang atau mau ikut berdakwah.

Nah, lanjut lagi sama status2 nih orang, hari pertama sampe bbrp hari kedepan dia doyan masang status “suci” macam begitu, dan kita yg bacanya pun gak masalah, karena toh saya aja seneng kok baca status yg bisa bikin introspeksi kaya gitu, ga ada prasangka bahwa ni orang cuma pamer atau sok2an berdakwah. Namun yang mulai bikin menyipitkan mata ketika membaca status2 doi adalah, ketika dia maksud hati cuma pengen nge-share berita yg menurut dia aneh, trus  dia komen seenaknya aja, ibarat dia kaya lagi ngomentarin berita yg menurut dia ga bener buat dijadiin panutan.

Kemaren malem deh contohnya, si doi ini (jujur saya ga tau identitas dia yg sesungguhnya tuh siapa,  yg jelas org2 di timeline nyebut dia pahlawan gadget, silakan asumsikan sendiri) nyebut2 keprihatinan dia tentang murtadnya salah satu aktris cantik demi menikahi pacarnya yang agamanya non-Islam. Oke sih saya juga kecewa kenapa ni aktris gak jadian aja sama dude herlino yang jelas2 islam dan insya Allah ngasih makannya juga enak. Tapi mungkin bukan itu yang doi prihatinkan, tentu saja doi prihatin karena terselip label “murtad” di belakang punggung sang aktris, dan lucunya, doi ini mengkait2kan peristiwa ini dengan fenomena pengucapan “selamat Natal” oleh orang muslim kepada non-muslim. Kira-kira doi bilang gini : “tuh kan, bermula dari toleransi yg keblablasan tuh, yg tadinya ngucapin selamat natal trus berimbas jadi murtad”.

Ha…? Bikin berkerut kening bukan? Hahahaha…

Mari kita tanya sang aktris ini apakah memang sebab musabab dia murtad adalah karena berawal dari sering ngucapin met natal sama pacarnya yg memang ngerayain natal itu? Ada banyak faktor kali ah!  klo emang nih aktris murtad dan lo kecewa karena udah jadi fans yg gagal nikahin idolanya sendiri, trus ente knp gak nasihatin langsung, ngasih arahan langsung, ngasih pengertian dan teknis2 lainnya yg bisa bikin keadaannya berubah. Pertama, jarak antara seorang fans dan idola adalah begitu jauh, mungkin ga bakal terwujud jg sih klo memang doi pengen bgt nasihatin langsung sang aktris, karena aktrisnya jg gak kenal siapa doi. Kedua, kita2 sebagai penonton di balik layar kaca ga pernah tau gmn track record sang aktris selama menjalani hidupnya, entah memang perjalanan spiritualnya kurang jauh atau gmn, kita ga pernah tau. Kita ga pernah tau knp seseorang bisa memutuskan suatu perkara.

Terus yang bikin ngakak tuh, beberapa jam kemudian dia ngejoke gini : tapi untung Raline Shah masih islam ya? masih ada harapan.

Hah? Harapan apa? Harapan dinikahin sama doi yang menjunjung tinggi keislaman pasangan menikahnya nanti?

Oke oke, hal itu sih gak salah, tapi ya aneh aja gitu, tadi dia ngata2in aktris yg murtad itu trus setelah itu dia gak rela dan takut Raline Shah ikut2an murtad?

Itu baru satu contoh, yg lainnya? Lo tau gmn respon org2 islam yang mengutuk adanya ajang kecantikan kelas dunia yg diadain di Bali bbrp bulan yg lalu itu kan, tapi apa bener pemuda pemuda anak soleh itu ga bakalan ngelirik acara itu di tv?

Dan sering juga ada cowo yang gatel katanya pengen marahin cewe-cewe biar pada nutup aurat pake jilbab, eh tau2 kemaren malem saya baca status tuh orang bilang Raisa tuh cantik bgt ya, bikin melting gt.. Nah lo?? Knp gak lo maki2 aja tuh si raisa yang jelas2 kaga pake kerudung saban hari dan nyanyi?

Dan ada satu lagi sih yg bikin saya greget, saya paling benci sama org yg status2nya suci tapi orangnya ga bisa diandalkan. Ibarat dia udah diamanati utk ngerjain hal A, tapi ga kunjung dia kerjain, lelet dan hasilnya jelek. Aneh aja sih, kok gak relevan aja gt, buat apa lo berkoar-koar bawa2 bendera bertuliskan arab dan pake TOA ngomongin hal2 yang lo sebut “kebenaran” ke sana sini tapi tugas kuliah aja belom bener dan masih doyan nyontek. Bukannya utk jadi public figure itu setidaknya merupakan org yg disegani sama org2 terdekat disekitarnya?

Guys, disini saya cuma mengomentari apa yg saya lihat aja sih, dan saya meresponnya mungkin agak asal2an yah? Hahahah biarin.

Toh sifat munafik selalu ada di dalam diri manusia, asal jangan mendominasi aja.
Asal kita terus belajar berproses menjadi orang baik namun tidak memaksakan hati nurani juga. Biarin jadi orang jahat, asal jujur. Begitu katanya.

Boleh lah berdakwah lewat pasang status di sosmed, tapi kadang saya malu jg klo harus selalu masang status kaya gitu, berasa diri ini udah bener aja.

Banyak cara agar kita bisa mengingatkan org lain dgn kebaikan, yaitu cukup dengan menunjukkan sifat2 baik dlm diri kita kepada mereka, cukup menunjukkan aja itu udah dakwah. insyaAllah.
Sering saya liat salah satu sahabat saya rajin solat dhuha, duh ngeliatnya aja dah bikin iri, bikin saya pengen ikutan jg. Yah seperti itulah, menyampaikan dengan cara bisu.

Oh ya, dan satu lagi. Tau gak kasus korban pelecehan seksual seorang mahasiswi oleh penyair terkenal dari salah satu komunitas menulis di Indonesia? Ya maap2 aja nih saya jg ga mau ngungkit2 kronologisnya, tapi kecewa aja sama pelakunya. Sang pelaku adalah seorang sastrawan yg terkenal suka bikin puisi2 cinta nan romantis, namun jika puisinya ini dibaca oleh sang korban, tentu rasanya akan pahit.

Semoga kita ga termasuk tipe orang yg memiliki status dan perangai yg tidak selaras. Tidak menjadi orang yg membuat bingung khalayak umum mengenai citra diri kita yg nampak baik dari luar, namun berbeda di kenyataanya.

Semoga dan semoga.



Tidak ada komentar